Pengembangan Media Pembelajaran Compound Remi Card Berbasis Chemo-Edutainment Materi Tata Nama Senyawa Poliatomik Kelas X MA Islamiyah Balen Bojonegoro Tahun Ajaran 2011/2012
Isnawati, Ririn (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Compound Remi Card Berbasis Chemo-Edutainment Materi Tata Nama Senyawa Poliatomik Kelas X MA Islamiyah Balen Bojonegoro Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711033_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (624kB) | Preview
083711033_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
083711033_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (255kB) | Preview
083711033_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
083711033_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (361kB) | Preview
083711033_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (7kB) | Preview
083711033_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena pembelajaran kimia di MA Islamiyah Balen Bojonegoro belum berpusat pada peserta didik. Siswa hanya mendengar dan mencatat hal-hal yang dianggap penting serta cenderung dituntut untuk menghafal rumus-rumus, teori dan hukum saja. Hal ini menyebabkan siswa mudah merasa jenuh atau bosan dan tidak menyukai pelajaran kimia yang akhirnya berdampak pada kurang maksimalnya pemahaman siswa terhadap materi kimia. Pelajaran kimia bagi sebagian besar siswa dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan. Alasannya karena pelajaran kimia tidak mudah dipahami dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal ini menyebabkan tidak semua siswa tertarik pada pelajaran kimia.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment serta mengevaluasi efektifitas penggunaan media yang telah dikembangkan pada pembelajaran kimia dengan media pembelajaran Compound Remi Card berbasis Chemo-Edutainment. Penelitian dan Pengembangan yang dilakukan memuat 3 komponen yaitu: (1). Model Pengembangan, (2). Prosedur Pengembangan, dan (3) Uji Coba Produk. Pada uji coba produk dilakukan uji validasi ahli dan revisi produk I, uji kelas kecil dan revisi II, uji kelas besar dan produk akhir. Subyek uji coba untuk uji validasi ahli menggunakan 2 responden ahli yaitu ahli pembelajaran kimia dan ahli media. Uji kelas kecil, dilakukan pada 12 siswa kelas X-1 dan uji kelas besar pada 32 siswa kelas X-2 MA Islamiyah Balen. Instrumen yang digunakan berupa soal pre-test&post-test, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dan angket tanggapan siswa terhadap media. Angket tanggapan terhadap media diberikan setelah produk akhir jadi. Pengolahan skor angket media ini menggunakan skala likert secara aposteriori.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran Compound Remi Card berbasis Chemo-Edutainment efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia materi tata nama senyawa poliatomik yang ditunjukkan dengan tercapainya indikator keefektifan yaitu: (1) Pada aspek kognitif tingkat penguasaan siswa terhadap materi untuk kelas kecil yaitu 78,75% sedangkan untuk kelas besar 76,09%, keduanya berada pada kriteria efektif, (2) Pada aspek afektif, penilaian afektif peserta didik untuk kelas kecil yaitu 80,83% sedangkan untuk kelas besar yaitu 78,44%, keduanya berpredikat baik (3) Angket uji kelayakan media untuk kelas kecil dan kelas besar masing-masing mendapatkan nilai 3,25 dan 3,29 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Senyawa Poliatomik; Compound Remi Card; Chemo-Edutainment |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 01:01 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 01:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/992 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year