Kinerja guru dalam proses pembelajaran biologi perspektif kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (studi kasus di MAN Lasem Kabupaten Rembang)
Mahfudhoh, Siti (2012) Kinerja guru dalam proses pembelajaran biologi perspektif kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (studi kasus di MAN Lasem Kabupaten Rembang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083811027_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (667kB) | Preview
083811027_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
083811027_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (134kB) | Preview
083811027_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
083811027_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (150kB) | Preview
083811027_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
083811027_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
Abstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Pelaksanaan KTSP memberikan peluang bagi sekolah untuk mengembangkan program pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing sekolah. Namun demikian dalam pelaksanaannya mengingat pentingnya peranan guru terhadap pelaksanaan KTSP perlu diketahui sejauh mana kinerja guru dalam proses pembelajaran biologi perspektif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk mengetahui hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran biologi perspektif KTSP di MAN Lasem Kabupaten Rembang.
Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan di MAN Lasem Kabupaten Rembang. Fokus dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana kinerja guru dalam pembelajaran biologi perspektif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sedangkan ruang lingkup dalam penelitian ini adalah kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengawasan pembelajaran. Data kinerja guru yang diperoleh dari hasil penelitian akan dianalisis secara deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru biologi MAN Lasem kabupaten Rembang sudah sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dari analisis instrumen dokumentasi dan observasi dari ketiga guru biologi tersebut meliputi perencanaan pembelajaran mencapai 89,35 % dan masuk dalam kriteria sangat sesuai, pelaksanaan pembelajaran mempunyai persentase 79,17 % dengan kriteria kinerja sangat baik, penilaian pembelajaran bahwa sudah menguasai materi dari segi kognitif, pada saat proses pembelajaran dari segi afektif, dan pengawasan pembelajaran dari pengawas satuan bahwa pengawas satuan mengadakan pengawasan di MAN Lasem Kabupaten Rembang setiap satu semester sekali.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru biologi MAN Lasem Kabupaten Rembang sudah sesuai dengan tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru; Pembelajaran Biologi; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 01:04 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/995 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year