Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem persamaan linier dua variabel peserta didik kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang tahun ajaran 2017/2018

Sina, Muhammad Ibnu (2019) Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem persamaan linier dua variabel peserta didik kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
Text
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi siswa di MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang yakni masalah keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu (Sugiyono, 2014 : 107). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sedangkan variabel terikat penelitian adalah keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Data penelitian yang terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis parametrik. Berdasarkan hasil observasi keaktifan belajar penelitian diperoleh rata-rata keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen setelah mendapatkan model pembelajaran PBL sebesar 71,21, sedangkan rata-rata sebelum mendapatkan model pembelajaran PBL sebesar 61,36. Dengan demikian keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen setelah mendapatkan model pembelajaran PBL meningkat dibandingkan sebelum mendapatkan model pembelajaran PBL. Berdasarkan data hasil penelitian yang berupa post-test kelas Eksperimaen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analasis uji t-test. Berdasarkan penghitungan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung = 3,719 dan t_(1-∝) = 2,010, karena t_hitung = 3,719 > t_(1-∝) = 2,010 berarti Kemampuan Berpikirir kreatif peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibanding peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan perpikir kreatif menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 75,05 sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 64,83.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) peserta didik kelas VIII MTs Al-Ittihad Semowo Kabupaten Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning (PBL); Kemampuan berpikir kreatif; Keaktifan belajar; Persamaan linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:42
Last Modified: 13 Aug 2019 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9966

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics