Pengaruh penguasaan penggunaan mikroskop terhadap nilai praktikum IPA materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes tahun pelajaran 2011/2012.

Mariyana, Ana (2012) Pengaruh penguasaan penggunaan mikroskop terhadap nilai praktikum IPA materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083811031_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083811031_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 083811031_Bab1.pdf]
Preview
Text
083811031_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 083811031_Bab2.pdf]
Preview
Text
083811031_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of 083811031_Bab3.pdf]
Preview
Text
083811031_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 083811031_Bab4.pdf]
Preview
Text
083811031_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 083811031_Bab5.pdf]
Preview
Text
083811031_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 083811031_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083811031_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa siswa merasa kesulitan dalam menggunakan mikroskop dan nilai praktikum yang berkaitan dengan penggunaan mikroskop pun kurang baik.
Skripsi ini membahas pengaruh penguasaan penggunaan mikroskop terhadap nilai praktikum IPA materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes tahun pelajaran 2011-2012. Tujuannya untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif antara penguasaan penggunaan mikroskop terhadap nilai praktikum IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis regresi. Variabel dependen adalah penguasaan penggunaan mikroskop siswa kelas VII, sedangkan variabel independennya adalah nilai praktikum IPA materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Metode dokumentasi yang berupa hasil dokumentasi siswa selama kegiatan praktikum berlangsung. 2). Metode observasi dengan menggunakan lembar observasi penguasaan penggunaan mikroskop siswa kelas VII. 3). Metode tes yang berupa pre test dan post test untuk mengetahui nilai praktikum IPA siswa kelas VII.
Setelah diketahui dari hasil perhitungan statistic dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara penguasaan penggunaan mikroskop terhadap nilai praktikum IPA materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,601 > rtabel 5% = 0,329, ini berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg hitung : 19,25 > F tabel 5% : 4,130, F reg hitung : 19,25 > F tabel 1% : 7,44. Ini berarti signifikan.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dikarenakan terdapat pengaruh positif antara penguasaan penggunaan mikroskop terhadap nilai praktikum IPA materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes tahun pelajaran2011-2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktikum IPA; Mikroskop; Media Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 502 Miscellany
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Dec 2013 01:07
Last Modified: 22 May 2021 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics