Pengembangan buku petunjuk praktikum biologi ilustratif terintegrasi nilai-nilai Islam pada sub-materi sistem indera manusia kelas XI MA Fathul Huda Sidorejo Demak

Zuliana, Zuliana (2019) Pengembangan buku petunjuk praktikum biologi ilustratif terintegrasi nilai-nilai Islam pada sub-materi sistem indera manusia kelas XI MA Fathul Huda Sidorejo Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tidak adanya buku petunjuk praktikum biologi di sekolah, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap prosedur kerja praktikum, serta belum tersedianya sumber belajar terintegrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan produk dan kelayakan buku petunjuk praktikum biologi ilustratif terintegrasi nilai-nilai Islam pada submateri sistem indera mausia di kelas XI MIA 1 MA Fathul Huda Sidrejo Demak. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengembangan buku petunjuk praktikum biologi ilustratif terintegrasi nilai-nilai Islam mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media serta peserta didik kelas XI MIA 1 MA Fathul Huda Sidorejo Demak. Hasil penelitian menunjukkan buku petunjuk praktikum biologi ilustratif terintegrasi nilai-nilai Islam sangat layak digunakan sebagai sumber belajar biolgi di kelas XI MIA 1 MA Fathul Huda Sidorejo Demak yag didasarkan pada hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, pada hasil penilaian guru Biologi memperoleh persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat layak dan pada hasil penilaian peserta didik memperoleh persentase kelayakan sebesar 88% dengan katergori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Petunjuk praktikum; Media pembelajaran; Integrasi sains dan Islam; Sistem indera manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:04
Last Modified: 14 Aug 2019 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9984

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics