Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler BTA terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013

Ismah, Lilik Nor (2013) Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler BTA terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111062_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111062_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111062_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111062_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111062_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111062_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111062_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (27kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler BTA terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan dilatarbelakangi kondisi kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang yang masih butuh bimbingan dan jam tambahan belajar, Sehingga salah satu cara alternatif yang dilakukan lembaga sekolah adalah mengadakan ekstrakurikuler BTA, Rumusan masalah: 1), Bagaimanakah aktivitas ekstrakurikuler BTA siswa SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013?, 2), Bagaimanakan kemampuan membaca dan menulis bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler BTA di SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013?, 3), Sejauh mana pengaruh aktivitas ekstrakurikuler BTA terhadap kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan, Responden dalam penelitian ini berjumlah 25 orang, sehingga disebut penelitian populasi. Responden dalam penelitian ini, merupakan seluruh siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 yang mengikuti ekstrakurikuler BTA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data nama-nama siswa dan profil sekolah, angket untuk memperoleh data aktivitas ekstrakurikuler BTA dan tes untuk memperoleh kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aktivitas ekstrakurikuler BTA termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 75,4 yang berada pada interval 70–79, Sedangkan hasil kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 76,96 yang terdapat pada interval 72–80. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan analisis product moment, menghasilkan rxy > rtabel, yaitu pada taraf 5% rxy= (0,512) > rtabel (0,396), sehingga signifikan. Kemudian untuk menentukan pengaruh variabel X terhadap Y dilakukan dengan analisis regresi satu predictor dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 37,199 + 0,527 X sedangkan hasil varians garis regresi Fhitung = 8,157 > Ftabel 4,279 pada taraf 5% yang berarti signifikan. Dengan demikian ada pengaruh aktivitas ekstrakurikuelr BTA terhadap kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Dengan hasil proporsi sumbangan variabel X terhadap Y dengan persentase 26,21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Baca Tulis Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 18 Dec 2013 04:34
Last Modified: 18 Dec 2013 04:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item