Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler BTA terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013
Ismah, Lilik Nor (2013) Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler BTA terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111062_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (277kB) | Preview
093111062_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
093111062_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (209kB) | Preview
093111062_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
093111062_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (139kB) | Preview
093111062_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
093111062_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (27kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler BTA terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013, dengan dilatarbelakangi kondisi kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang yang masih butuh bimbingan dan jam tambahan belajar, Sehingga salah satu cara alternatif yang dilakukan lembaga sekolah adalah mengadakan ekstrakurikuler BTA, Rumusan masalah: 1), Bagaimanakah aktivitas ekstrakurikuler BTA siswa SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013?, 2), Bagaimanakan kemampuan membaca dan menulis bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler BTA di SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013?, 3), Sejauh mana pengaruh aktivitas ekstrakurikuler BTA terhadap kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan, Responden dalam penelitian ini berjumlah 25 orang, sehingga disebut penelitian populasi. Responden dalam penelitian ini, merupakan seluruh siswa SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 yang mengikuti ekstrakurikuler BTA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data nama-nama siswa dan profil sekolah, angket untuk memperoleh data aktivitas ekstrakurikuler BTA dan tes untuk memperoleh kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aktivitas ekstrakurikuler BTA termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 75,4 yang berada pada interval 70–79, Sedangkan hasil kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 76,96 yang terdapat pada interval 72–80. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan analisis product moment, menghasilkan rxy > rtabel, yaitu pada taraf 5% rxy= (0,512) > rtabel (0,396), sehingga signifikan. Kemudian untuk menentukan pengaruh variabel X terhadap Y dilakukan dengan analisis regresi satu predictor dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 37,199 + 0,527 X sedangkan hasil varians garis regresi Fhitung = 8,157 > Ftabel 4,279 pada taraf 5% yang berarti signifikan. Dengan demikian ada pengaruh aktivitas ekstrakurikuelr BTA terhadap kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Dengan hasil proporsi sumbangan variabel X terhadap Y dengan persentase 26,21%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler; Baca Tulis Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 04:34 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 04:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year