Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV Semester I di MIN Kalibuntu Wetan Kendal Tahun Ajaran 2010/211

Arofah, Nur Thoyyibatul (2012) Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV Semester I di MIN Kalibuntu Wetan Kendal Tahun Ajaran 2010/211. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911081_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911081_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911081_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911081_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911081_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911081_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911081_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas penggunaan metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok keliling dan luas bangun datar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode NHT efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok keliling dan luas bangun datar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan metode NHT efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok keliling dan luas bangun datar. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal tahun ajaran 2011/2012 yang terdidi dari 2 kelas sebanyak 74 peserta didik. Kelas IV A sebagai eksperimen dan kelas IV B sebagai Kontrol. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes obyektif dengan menggunakan instrument yang sama yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya di kelas V A sebagai kelas uji coba. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Kajian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran mengunakan metode NHT efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok keliling dan luas bangun datar kelas IV di MIN Kalibuntu Wetan Kendal. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh nilai = 4,051 sedangkan = 1,669. Karena > maka H_0 diterima. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran yang menggunakan metode NHT lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,28 juga lebih besar dari pada nilai sebelumnya sebesar 69,44. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen meningkat dari nilai sebelum eksperimen, di mana nilai tersebut juga lebih besar dari pada kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan pembelajaran mengunakan metode NHT efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok keliling dan luas bangun datar kelas IV di MIN Kalibuntu Wetan Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Numbered Heads Together (NHT); Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:53
Last Modified: 19 Dec 2013 06:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item