Efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) berasis sciense, technology, enginering, mathematics (STEM) pada materi cahaya dan alat optik terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII

Yusra, Amruhu (2019) Efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) berasis sciense, technology, enginering, mathematics (STEM) pada materi cahaya dan alat optik terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (28MB) | Preview

Abstract

tingkat keefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII di SMP N 1 Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP N 1 Kendal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dua kelas yaitu, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu model PBL berbasis STEM dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda. Data hasil pretest digunakan untuk menguji normalitas dan homogenitas sebagai uji tahap awal, sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis penelitian sebagai uji tahap akhir, kemudian dilakukan uji tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis STEM efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan thitung = 2,497 > ttabel = 1,67 maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan tingkat keefektifannya dibuktikan dengan uji gain sebesar 0,410 dengan kriteria sedang, sehingga model PBL berbasis STEM mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 41%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorPoernomo, Joko BudiNIDN2014027601
Thesis advisorAnggita, Sheilla RullyNIDN2005059002
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Sciense, Technology, Enginering, Mathematics (STEM); Hasil belajar; Cahaya; Alat optik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:34
Last Modified: 16 Mar 2020 07:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item