Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Pecahan Kelas V Semester II di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Arifah, Umi (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe Question Student Have (QSH) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Pecahan Kelas V Semester II di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911090_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911090_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911090_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911090_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911090_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911090_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911090_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas V di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012, pada pengambilan sampel digunakan metode sampling jenuh, diperoleh kelas V B sebagai kelas eksperimen dan V A sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas VI B sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, pada desain penelitian ini, peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data nama-nama peserta didik dan nilai prestasi belajar matematika kelas V pada semester I dan data-data yang terkait dalam penelitian.. Tes diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum tes akhir tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t = 3,996 dan t = t = 2,021 dengan α = 5% dan dk = 21 + 17 - 2 = 38. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen (V B) sebesar 80,95 sedangkan kelompok kontrol (V A) sebesar 65,58. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain model pembelajaran Aktif tipe Question Student Have (QSH) berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas V di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Active Learning; Question Student Have (QSH); Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 07:00
Last Modified: 19 Dec 2013 07:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item