Penerapan Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih materi Shalat Id di Kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara

Nijah, Nijah (2012) Penerapan Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih materi Shalat Id di Kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911086_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911086_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911086_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911086_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911086_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911086_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911086_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran edutainment pada pembelajaran fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara setelah menerapakan pembelajaran edutainment Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian Menunjukkan 1) Penerapan pembelajaran edutainment pada pembelajaran fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang penuh dengan hiburan dalam arti bermain sambil belajar dengan dua bentuk metode yang digunakan yaitu pada siklus I menggunakan quantum learning dimana siswa lebih banyak diajak menyepakati permainan dan bertanggung jawab atas peraturan yang dibuat, terakhir pada siklus II menggunakan active learning dengan mencari kartu pasangan dimana siswa bertanggung jawab dari pilihan kartu yang telah dipilih, 2) Peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara setelah menerapakan pembelajaran edutainment yaitu pada pra siklus ada 11 siswa atau 42,3% , siklus I ada 18 siswa atau 69,2%, siklus II ada 24 siswa atau 92,4%. `Ini menunjukkan indikator yang telah ditetapkan yaitu 80% ke atas telah tercapai

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pelajaran Fiqih; Shalat Ied; Edutainment
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 07:44
Last Modified: 23 Dec 2013 07:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item