Penerapan Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih materi Shalat Id di Kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara
Nijah, Nijah (2012) Penerapan Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih materi Shalat Id di Kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911086_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (251kB) | Preview
093911086_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
093911086_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
093911086_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
093911086_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (345kB) | Preview
093911086_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
093911086_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran edutainment pada pembelajaran fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara setelah menerapakan pembelajaran edutainment
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian Menunjukkan 1) Penerapan pembelajaran edutainment pada pembelajaran fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang penuh dengan hiburan dalam arti bermain sambil belajar dengan dua bentuk metode yang digunakan yaitu pada siklus I menggunakan quantum learning dimana siswa lebih banyak diajak menyepakati permainan dan bertanggung jawab atas peraturan yang dibuat, terakhir pada siklus II menggunakan active learning dengan mencari kartu pasangan dimana siswa bertanggung jawab dari pilihan kartu yang telah dipilih, 2) Peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara setelah menerapakan pembelajaran edutainment yaitu pada pra siklus ada 11 siswa atau 42,3% , siklus I ada 18 siswa atau 69,2%, siklus II ada 24 siswa atau 92,4%. `Ini menunjukkan indikator yang telah ditetapkan yaitu 80% ke atas telah tercapai
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Pelajaran Fiqih; Shalat Ied; Edutainment |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2013 07:44 |
Last Modified: | 23 Dec 2013 07:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1122 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year