Analisis Penerapan Syariah Marketing dalam Meningkatkan Pangsa Pasar pada PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto

Amroh, Nur (2013) Analisis Penerapan Syariah Marketing dalam Meningkatkan Pangsa Pasar pada PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411130_Coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411130_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411130_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411130_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411130_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411130_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411130_Bibliografi&lampiran.pdf - Bibliography

Download (465kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pemasaran, sering dijumpai persoalan yang tidak etis dalam menjalankan usaha perusahaan. Dari moral sampai etika yang sudah mengalami pergeseran jauh dari prinsip kejujuran dan keadilan, sampai dengan menghalalkan segala cara untuk memperluas market share perusahaan. PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto mencoba untuk menerapkan syariah marketing dan syariah marketing tactic sebagai upaya dalam meningkatkan market share. Kenaikan pendapatan premi yang diperoleh PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto, ternyata berbeda dengan pendapatan premi secara nasional dari Asuransi Takaful Umum Pusat. Periode tahun ini, pendapatan premi Asuransi Takaful Umum tumbuh di bawah 10% dibanding dengan tahun 2011. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan Syariah Marketing di PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto? Apakah Syariah Marketing Tactic yang diterapkan di PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto dapat meningkatkan pangsa pasar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak terkait yaitu Kepala PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto dan data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi berupa data-data dari perusahaan dan berbagai literature yang berkaitan dengan syariah marketing. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penerapan syariah marketing yaitu dari segi karakteristiknya: teitis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah) telah dilaksanakan PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto sejak berdiri pada tahun 2006. Periode tahun 2012, target yang telah dicapai oleh PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto adalah target penagihan premi dan target klaim, sedang target omset belum tercapai. Dan untuk meningkatkan pangsa pasar, PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto telah menerapkan syariah marketing tactic yaitu dari segi diferensiasi (differentation), bauran pemasaran (marketing mix) dan selling dalam produk yang ditawarkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Syariah Marketing; Pangsa Pasar; Asuransi Takaful
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 20 Dec 2013 07:22
Last Modified: 20 Dec 2013 07:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item