Analisis Penerapan Syariah Marketing dalam Meningkatkan Pangsa Pasar pada PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto
Amroh, Nur (2013) Analisis Penerapan Syariah Marketing dalam Meningkatkan Pangsa Pasar pada PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
092411130_Coverdll.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
092411130_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (83kB) | Preview
092411130_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (230kB) | Preview
092411130_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (94kB) | Preview
092411130_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
092411130_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
092411130_Bibliografi&lampiran.pdf - Bibliography
Download (465kB) | Preview
Abstract
Dalam proses pemasaran, sering dijumpai persoalan yang tidak etis dalam menjalankan usaha perusahaan. Dari moral sampai etika yang sudah mengalami pergeseran jauh dari prinsip kejujuran dan keadilan, sampai dengan menghalalkan segala cara untuk memperluas market share perusahaan. PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto mencoba untuk menerapkan syariah marketing dan syariah marketing tactic sebagai upaya dalam meningkatkan market share. Kenaikan pendapatan premi yang diperoleh PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto, ternyata berbeda dengan pendapatan premi secara nasional dari Asuransi Takaful Umum Pusat. Periode tahun ini, pendapatan premi Asuransi Takaful Umum tumbuh di bawah 10% dibanding dengan tahun 2011. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan Syariah Marketing di PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto? Apakah Syariah Marketing Tactic yang diterapkan di PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto dapat meningkatkan pangsa pasar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak terkait yaitu Kepala PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto dan data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi berupa data-data dari perusahaan dan berbagai literature yang berkaitan dengan syariah marketing.
Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penerapan syariah marketing yaitu dari segi karakteristiknya: teitis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah) telah dilaksanakan PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto sejak berdiri pada tahun 2006. Periode tahun 2012, target yang telah dicapai oleh PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto adalah target penagihan premi dan target klaim, sedang target omset belum tercapai. Dan untuk meningkatkan pangsa pasar, PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto telah menerapkan syariah marketing tactic yaitu dari segi diferensiasi (differentation), bauran pemasaran (marketing mix) dan selling dalam produk yang ditawarkannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Syariah Marketing; Pangsa Pasar; Asuransi Takaful |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mohammad Kharisun |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 07:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 07:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1151 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year