Penggunaan Media Audio Visual VCD dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata pelajaran al-Qur’an Hadits Materi Pokok Menghafalkan Surat Al-Ashr Pada Siswa Kelas II MI Nasyrul Ulum 1 Brakas Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun 2011.

Muawanah, Muawanah (2012) Penggunaan Media Audio Visual VCD dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata pelajaran al-Qur’an Hadits Materi Pokok Menghafalkan Surat Al-Ashr Pada Siswa Kelas II MI Nasyrul Ulum 1 Brakas Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911206_coverdll.pdf]
Preview
Text
093911206_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 093911206_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911206_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 093911206_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911206_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 093911206_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911206_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 093911206_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911206_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 093911206_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911206_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 093911206_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911206_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah prestasi belajar Al-Quran Hadits Materi Menghafal Surat Al Ashr melalui pengunaan media audio visual VCD pada siswa kelas II MI Nasyrul Ulum I Brakas. (2) Apakah penggunaan media audio visual VCD dalam pembelajaran Al-Quran Hadits Materi menghafal Surat Al Ashr dapat meningkatkan Prestasi Belajar.
Skripsi ini membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual VCD dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata pelajaran al-Qur’an Hadits Materi pokok menghafalkan Surat al-Ashr. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar sebagai variable 1 dan penggunaan audio visual VCD sebagai variable 2.
Penelitian ini mengambil populasi siswa MI Nasyrul Ulum 1 Brakas Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan , dengan sample adalah siswa-siswi yang duduk pada kelas II, tahun pelajaran 2010/2011 pada MI Nasyrul Ulum 1 Brakas Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan .
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Mata pelajaran al-Qur’an Hadits Materi pokok menghafalkan Surat Al-Ashr siswa kelas II MI Nasryrul Ulum 1 Brakas Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun 2011 melalui penggunaan media audio visual VCD dengan tehnik pengumpulan data dari dari sekolah yang diteliti yaitu data dari sekolah, observasi dan tes, dengan analisis kualitatif dan kuantitatif pada siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas II MI Nasryrul Ulum 1 Brakas Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun 2011 dimulai bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2011. Materi Pokok dalam penelitian ini adalah al-Qur’an Hadit materi pokok yang terdiri dari dua siklus, Tiap-tiap siklus menggunakan VCD sebagai media pembelajaranya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghafal, minat, keaktifan siswa dalam belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual VCD dalam Pembelajaran Prestasi Belajar Mata pelajaran al-Qur’an Hadits Materi pokok menghafalkan Surat al-Ashr meningkat, hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata evaluasi pada sebelum penggunaan media audio visual VCD ke siklus I setelah penggunaan media terjadi peningkatan 60,25 % point, dan pada siklus II terjadi peningkatan 78,38 point. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Hadits; Media Pembelajaran; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2013 08:31
Last Modified: 23 Dec 2013 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics