Pendidikan Karakter Jujur di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang

Jati, Ira Puspita (2012) Pendidikan Karakter Jujur di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
IraPustipta_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IraPustipta_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (121kB) | Preview

Abstract

Persoalan karakter bangsa sering kali menjadi sorotan masyarakat. Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan, khususnya mengenai kejujuran. Kejujuran merupakan salah satu nilai mendasar untuk memperbaiki moral bangsa agar menjadi bangsa yang lebih baik. Untuk mengatasi persoalan tersebut, salah satu alternatifnya melalui peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu penelitian ini memfokuskan kajian pada pertama bagaimana pelaksanaan karakter jujur di kelas melalui proses pembelajaran di SDIT Cahaya Bangsa?, dan kedua bagaimana pendidikan karakter jujur melalui kegiatan di luar kelas di SDIT Cahaya Bangsa?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Memang hal itu berdasarkan pada kenyataan empiris tentang pendidikan karakter jujur di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Metode pengumpulan data pada penelitian di dapat melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data penelitian didasarkan data-data yang telah terkumpul selanjutnya diidentifikasi, diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif induktif, lalu diuraikan secara sistematis. Kemudian data tersebut dielaborasi berdasarkan teori-teori yang relevan dengan pakar pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan karakter jujur. Berdasar pada hasil penelitian diperoleh bahwa langkah yang ditempuh SDIT Cahaya Bangsa telah melaksanakan pembelajaran nilai-nilai jujur baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini selaras dengan strategi penerapan pendidikan karakter di sekolah, yaitu dengan mengintegrasikan konten pendidikan karakter yang dirumuskan ke seluruh mata pelajaran, mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kegiatan sehari-hari, mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kegiatan yang direncanakan, dan membangun komunikasi serta kerjasama antara sekolah dengan orang tua peserta didik. Adapun pelaksanaan pendidikan karakter jujur di dalam kelas melalui mata pelajaran PAI, PKn, dilaksanakan secara langsung. Hal ini berarti bahwa pendidik membuat perencanaan pembelajaran, melakukan proses pembelajaran, dan melakukan evaluasi pada pokok bahasan kejujuran. Sedangkan pada mata pelajaran lain pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan ke dalam pembelajaran. Pada pelaksanaan pendidikan karakter jujur pada kegiatan di luar kelas SDIT Cahaya Bangsa dilakukan melalui market day dan penggunaan buku penghubung. Pada kegiatan market day siswa dididik untuk tidak melakukan kebohongan, atau melakukan kecurangan pada saat jual beli. Sedangkan melalui buku penghubung siswa dididik untuk mengisinya dengan jujur sesuai dengan apa yang dilakukan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Character Education; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2013 09:23
Last Modified: 16 Oct 2013 09:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item