Pendidikan Karakter Jujur di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang
Jati, Ira Puspita (2012) Pendidikan Karakter Jujur di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.
IraPustipta_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version
Download (280kB) | Preview
IraPustipta_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (121kB) | Preview
Abstract
Persoalan karakter bangsa sering kali menjadi sorotan masyarakat.
Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan, khususnya mengenai
kejujuran. Kejujuran merupakan salah satu nilai mendasar untuk memperbaiki
moral bangsa agar menjadi bangsa yang lebih baik. Untuk mengatasi persoalan
tersebut, salah satu alternatifnya melalui peningkatan kualitas pendidikan.
Untuk itu penelitian ini memfokuskan kajian pada pertama bagaimana
pelaksanaan karakter jujur di kelas melalui proses pembelajaran di SDIT
Cahaya Bangsa?, dan kedua bagaimana pendidikan karakter jujur melalui
kegiatan di luar kelas di SDIT Cahaya Bangsa?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis.
Memang hal itu berdasarkan pada kenyataan empiris tentang pendidikan
karakter jujur di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Metode pengumpulan
data pada penelitian di dapat melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Analisis data penelitian didasarkan data-data yang telah terkumpul selanjutnya
diidentifikasi, diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif induktif, lalu
diuraikan secara sistematis. Kemudian data tersebut dielaborasi berdasarkan
teori-teori yang relevan dengan pakar pendidikan, khususnya yang berkaitan
dengan pendidikan karakter jujur.
Berdasar pada hasil penelitian diperoleh bahwa langkah yang ditempuh
SDIT Cahaya Bangsa telah melaksanakan pembelajaran nilai-nilai jujur baik
di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini selaras dengan strategi penerapan
pendidikan karakter di sekolah, yaitu dengan mengintegrasikan konten pendidikan
karakter yang dirumuskan ke seluruh mata pelajaran, mengintegrasikan pendidikan
karakter ke dalam kegiatan sehari-hari, mengintegrasikan pendidikan karakter ke
dalam kegiatan yang direncanakan, dan membangun komunikasi serta kerjasama
antara sekolah dengan orang tua peserta didik. Adapun pelaksanaan pendidikan
karakter jujur di dalam kelas melalui mata pelajaran PAI, PKn, dilaksanakan secara
langsung. Hal ini berarti bahwa pendidik membuat perencanaan pembelajaran,
melakukan proses pembelajaran, dan melakukan evaluasi pada pokok bahasan
kejujuran. Sedangkan pada mata pelajaran lain pendidikan karakter dilakukan dengan
mengintegrasikan ke dalam pembelajaran. Pada pelaksanaan pendidikan karakter
jujur pada kegiatan di luar kelas SDIT Cahaya Bangsa dilakukan melalui market day
dan penggunaan buku penghubung. Pada kegiatan market day siswa dididik untuk
tidak melakukan kebohongan, atau melakukan kecurangan pada saat jual beli.
Sedangkan melalui buku penghubung siswa dididik untuk mengisinya dengan jujur
sesuai dengan apa yang dilakukan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Character Education; Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 09:23 |
Last Modified: | 16 Oct 2013 09:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year