Penerapan pola asuh orang tua dan kemandirian anak usia dini : Studi deskriptif pada siswa PAUD Kreatif BEC Kebokura tahun 2019

Istiqomah, Novia (2019) Penerapan pola asuh orang tua dan kemandirian anak usia dini : Studi deskriptif pada siswa PAUD Kreatif BEC Kebokura tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106009_Novia Istiqomah]
Preview
Text (skripsi_1503106009_Novia Istiqomah)
skripsi_1503106009_Novia Istiqomah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pola asuh orang tua dan kemandirian anak usia dini. Kajiannya dilatar belakangi oleh pentingnya pola asuh orang tua dalam membangun kemandirian anak, agar kelak anak menjadi pribadi yang mandiri dan dan dapat diandalkan di masa depan. Meskipun orang tua sibuk masih sempat menanamkan kemandirian pada anak sejak usia dini. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap kemandirian anak usia dini di PAUD Kreatif BE Kebokura.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan : pola asuh yang diterapkan orang tua dengan kemandirian anak dilakukan dengan menggunakan pola asuh demokratis tetapi ada beberapa orang tua yang menggunakan kombinasi dari beberapa tipe pola asuh. Anak dengan pola asuh demokratis lebih mandiri dari pada anak dengan pola asuh kombinasi, dilihat dari kemandirian anak melalui kemandirian emosi, kognitif, nilai. Dengan pola asuh demokratis anak dapat mengutarakan pendapatnya, anak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, anak dapat mengetahui mana yang baik untuknya dan mana yang tidak baik untuknya, sedangkan dengan pola asuh kombinasi anak masih membutuhkan bantuan untuk mengutarakan pendapatnya dan menyelesaikan masalahnya, anak tau mana yang bik dan tidak untuknya. Selain itu orang tua menerapkan pembiasaan pada anak, pembiasaan yang diterapkan adalah meletakan sepatu dan tas pada tempatnya, mencuci tangan sendiri, berganti baju sendiri, makan sendiri, merapihkan kembali mainannya setelah bermain, membuang sampah pada tempatnya, anak juga di ajarkan secara langsung untuk melatih bersosialisasi, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, selain itu untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak yang awalnya pemalu jadi berani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Kemandirian; Pembiasaan; Hubungan; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:43
Last Modified: 22 May 2021 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics