Pelaksanaan pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan metode Iqro’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019

Handayani, Uli (2019) Pelaksanaan pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan metode Iqro’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106033_Uli Handayani]
Preview
Text (skripsi_1503106033_Uli Handayani)
skripsi_1503106033_Uli Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rumusan dalam penelitian ini adalah: Bagaiamana Pelaksanaan Pengenalan Huruf Hijaiyah menggunakan Metode Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2019? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui Pelaksanaan Pengenalan Huruf Hijaiyah menggunakan Metode Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/ pengamatan , wawancara, dan dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyyah menggunakan metode iqra’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 dapat disimpulakn bahwa: langkah awal mempelajari Al-Qur’an adalah mengenal huruf-huruf hijaiyyah, antara lain dengan menggunakan metode iqra. Dalam pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyyah menggunakan metode iqra’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri belum baik karena masih banyak anak yang belum bisa membedakan dan melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar dikarenakan waktu yang digunakan dalam pembelajaran mengaji Iqra’ hanya satu minggu satu kali yaitu pada hari kamis. karena jika waktu yang digunakan sedikit maka anak akan kurang menguasai dalam meningkatkan membaca iqra’.
Secara garis besar penerapan metode iqra’ oleh guru dalam mengenalkan huruf hijaiyyah pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri secara teknis sudah baik karena terdapat beberapa cara yang digunakan guru dalam mengaplikasikannya antara lain: (1) Anak diajarkan membaca iqra’ secara langsung dengan guru. (2) Anak diajarkan membaca secara langsung tanpa dieja artinya anak diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyyah dengan cara cepat siswa aktif (CBSA) dan lebih bersifat individual atau privasi. (3) Guru mengenalkan huruf hijaiyyah menggunakan metode iqra’ melalui pemberian kreasi dengan lagu-lagu arab atau yang bertemakan huruf hijaiyyah karena dengan pemberian lagu anak lebih mudah menghafalnya. (4) Guru memberikan majalah dan menuliskan huruf hijaiyyah dipapan tulis. (5) Guru menyimak seluruh bacaan anak kemudian membenarkan bacaan anak yang keliru dan (6) Guru mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan metode iqra dilakukan satu minggu sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan; Pengenalan Huruf Hijaiyyah; Metode Iqra’ ; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:50
Last Modified: 22 May 2021 06:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12514

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics