Penerapan Alat Peraga Kelereng dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Menyelesaikan Pengerjaan Hitung bagi Peserta Didik Kelas II MII Sangubanyu Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Arbaiyah, Arbaiyah (2012) Penerapan Alat Peraga Kelereng dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Menyelesaikan Pengerjaan Hitung bagi Peserta Didik Kelas II MII Sangubanyu Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911266_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911266_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911266_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911266_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911266_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911266_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911266_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penerapan alat peraga kelereng dan diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar pengerjaan hitung matematika. Kajian yang dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih di bawah rata-rata, dan perlunya pembelajaran matematika realistik untuk tingkat dasar agar motifasi terhadap matematika bertambah. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi dan penerapan alat peraga kelereng terhadap hasil belajar pada operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah? (2) Apakah penerapan alat peraga kelereng dan metode diskusi kelompok pada operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas II MII Sangubanyu Batang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MII Sangubanyu Kabupaten Batang. Pengambilan tersebut didasarkan pada nilai rata-rata peserta didik yang jauh dibawah rata-rata 60. Adapun data yang diolah, diperoleh dari berbagai wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, yang dianalisis selama dua siklus. Kajian pada tulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan diskusi kelompok dan alat peraga kelereng adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi yang ditunjukkan kepada peserta didik. Pembelajaran ini dapat dikatakan sebagai pembelajaran matematika realistik namun lebih menonjol kepada demonstrasi pengerjaan hitung perkalian dan pembagian. Secara visual dan nyata peserta didik lebih mudah memahami materi daripada sekedar simbol abstrak dan angka. (2) Penerapan alat peraga kelereng dan diskusi kelompok terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Tahun 2011/2012. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 80. Dengan keberhasilan belajar klasikal 81%. Dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada pengerjaan hitung maka dapat berarti pula penerapan alat peraga kelereng dan diskusi kelompok dapat diterapkan pada materi lainnya namun dengan variasi yang berbeda agar tidak selalu monoton

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Diskusi Kelompok; Alat Peraga; Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:12
Last Modified: 31 Dec 2013 07:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item