Penerapan model pembelajaran joyful learning dengan pendekatan bermain di luar kelas dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Limbangan Kendal tahun pelajaran 2012/2013

Munayasari, Ika Deni (2013) Penerapan model pembelajaran joyful learning dengan pendekatan bermain di luar kelas dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Limbangan Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511017_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511017_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511017_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511017_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511017_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511017_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511017_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran joyful learning di SMP N 1 Limbangan. 2) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VII F SMP N 1 Limbangan. 3) Untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas VII F SMP N 1 Limbangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP N 1 Limbangan. Dengan jumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 16 putra dan 19 putri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran joyful learning dengan pendekatan permainan di Luar kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal kuis dan tes evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus diambil dari dokumen nilai harian peserta didik kelas VII F tahun pelajaran 2011/2012 materi irisan dan gabungan, keaktifan peserta didik mempunyai prosentase 32,81% dan rata-rata hasil belajar 60,91 dengan ketuntasan klasikal 56,25%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 60,29% dan rata-rata hasil belajar 60,97 dengan ketuntasan klasikal 57,14%. Sedangkan pada siklus II keaktifan peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 75,29% dan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 71,51 dengan ketuntasan klasikal 77,14%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan model joyful learning dengan pendekatan bermain di luar kelas. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang bermodelkan joyful learning dengan pendekatan bermain di luar kelas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Joyful Learning; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:49
Last Modified: 04 Mar 2014 07:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item