Studi komparasi hasil belajar SKI antara peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Note Taking (GNT) di kelas IV semester II MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara tahun ajaran 2012/2013

Annafisa, Hirza (2013) Studi komparasi hasil belajar SKI antara peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Note Taking (GNT) di kelas IV semester II MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911071_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911071_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of 083911071_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911071_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 083911071_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911071_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 083911071_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911071_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 083911071_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911071_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 083911071_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911071_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (891kB) | Preview
[thumbnail of 083911071_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911071_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (183kB) | Preview

Abstract

peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Note Taking (GNT) di kelas IV semester II MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mata pelajaran SKI peserta didik di MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor yang masih berpusat pada guru (teacher centered) dan pendekatan yang dipakai masih tekstual, sehingga proses belajar mengajar menjadi membosankan dan kurang diminati. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar SKI antara peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Note Taking (GNT) di kelas IV Semester II MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara tahun ajaran 2012/2013?.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Tamrinuth Thullab tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas, sebanyak 55 peserta didik. Kelas IV A sebanyak 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen I dan kelas IV B sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen II.
Pengumpulan data menggunakan pre tes dan post tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum instrumen tes digunakan pada kelas eksperimen, dilakukan dahulu tes uji coba di kelas V B untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data diperoleh melalui metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar pre-test kelas eksperimen I adalah 63,76 dan post-test adalah 84,12. sedangkan pre-test kelas eksperimen II adalah 64 dan post-test adalah 79,64. Dari analisis data akhir uji t menggunakan uji perbedaan rata-rata pihak kanan dengan = 5% dan dk = 22+ 33- 2= 53 diperoleh = 2,083 dan = 1,67, dengan demikian > . Ini berarti ditolak diterima.
Ini berarti ada perbedaan nyata antara hasil belajar SKI peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Guided Note Taking (GNT) di kelas IV Semester II MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil belajar nilai post tes maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar SKI melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) di kelas IV Semester II MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tersebut memberikan kontribusi bagi sistem pendidikan islam, khususnya dalam rangka perbaikan proses pembelajaran serta memperkaya wawasan tentang penerapan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT); Guided Note Taking (GTT); Strategi Pembelajaran; Model Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:51
Last Modified: 04 Mar 2014 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics