Efektivitas penerapan metode brainstorming berbasis pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib materi salat santri putri kelas 3 tsanawy di pondok pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun 2013/2014

Solikhah, Sakinatus (2013) Efektivitas penerapan metode brainstorming berbasis pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib materi salat santri putri kelas 3 tsanawy di pondok pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111103_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111103_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111103_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111103_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111103_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111103_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111103_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (118kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode brainstorming yang berbasis pembelajaran konstruktifime efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib pada santri putri Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui sejauhmana efektivitas penerapan metode brainstorming yang berbasis pembelajaran konstruktifime dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib pada santri putri Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo. Penelitian yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 Tsanawy Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo yang terbagi dalam 3 kelas sebanyak 87 santri. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas 3 E sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas 3 C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 3,894 sedangkan nilai ttabel (0,95)(48) = 2,02 Karena t > t (0,95)(48) maka H0 ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas control sehingga dapat dikatakan metode brainstorming berbasis pembelajaran konstruktuvisme efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Materi Salat Santri Putri Kelas 3 Tsanawy di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun 2013/2014, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme serta menerapkannya pada pembelajaran materi yang lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Brainstorming; Metode Pembelajaran; Shalat; Pembelajaran Konstruktivisme
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Mar 2014 09:55
Last Modified: 06 Mar 2014 09:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item