Efektivitas penerapan metode brainstorming berbasis pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib materi salat santri putri kelas 3 tsanawy di pondok pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun 2013/2014
Solikhah, Sakinatus (2013) Efektivitas penerapan metode brainstorming berbasis pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib materi salat santri putri kelas 3 tsanawy di pondok pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111103_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (541kB) | Preview
093111103_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (323kB) | Preview
093111103_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (295kB) | Preview
093111103_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (338kB) | Preview
093111103_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
093111103_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (64kB) | Preview
093111103_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (118kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode brainstorming yang berbasis pembelajaran konstruktifime efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib pada santri putri Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui sejauhmana efektivitas penerapan metode brainstorming yang berbasis pembelajaran konstruktifime dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran kitab Fathul Qarib pada santri putri Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo.
Penelitian yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 Tsanawy Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo yang terbagi dalam 3 kelas sebanyak 87 santri. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas 3 E sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas 3 C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 3,894 sedangkan nilai ttabel (0,95)(48) = 2,02 Karena t > t (0,95)(48) maka H0 ditolak.
Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas control sehingga dapat dikatakan metode brainstorming berbasis pembelajaran konstruktuvisme efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Materi Salat Santri Putri Kelas 3 Tsanawy di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun 2013/2014, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme serta menerapkannya pada pembelajaran materi yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brainstorming; Metode Pembelajaran; Shalat; Pembelajaran Konstruktivisme |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 09:55 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 09:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year