Studi komparasi metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok animalia kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2012/2013

Asriyani, Ismy (2013) Studi komparasi metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok animalia kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093811015_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093811015_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093811015_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093811015_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093811015_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093811015_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093811015_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (183kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang yaitu kurangnya aktifitas peserta didik pada pembelajaran biologi, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, peserta didik cenderung lebih pasif. Kurangnya keaktifan peserta didik mempengaruhi hasil belajar biologi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran synergetic teaching pada materi pokok animalia. 2) Hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran listening team pada materi pokok animalia. 3) Perbedaan metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team pada materi pokok animalia terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas penelitian adalah metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team, sedangkan variabel terikat penelitian adalah hasil belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode Dokumentasi, yaitu untuk memperoleh data umum sekolah dan data peserta didik beserta nilai ulangan harian peserta didik pada materi biologi sebelumnya. Metode tes, yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik materi pokok animalia yang diberikan pada akhir pertemuan setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II. Setelah diuji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran synergetic teaching dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh 80 yang berada pada interval 80-84; 2) Hasil belajar siswa peserta didik dengan metode pembelajaran listening team dalam kategori baik, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 78 yang berada pada interval 77-82; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar biologi peserta didik Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang, yaitu untuk n_1≠ n_2 dan varians homogen (σ_1^2= ó_2^2) = 5 % dengan dk= n_1+n_2-2 diperoleh ttabel = 1,70. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = 1,815. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 1,70. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 1 synergetic teaching lebih baik atau tidak sama dengan kelompok eksperimen 2 listening team.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Synergetic Teaching; Listening Team; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:24
Last Modified: 13 Mar 2014 08:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item