Studi komparasi metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok animalia kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2012/2013
Asriyani, Ismy (2013) Studi komparasi metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok animalia kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093811015_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093811015_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
093811015_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093811015_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093811015_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093811015_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
093811015_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (183kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang yaitu kurangnya aktifitas peserta didik pada pembelajaran biologi, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, peserta didik cenderung lebih pasif. Kurangnya keaktifan peserta didik mempengaruhi hasil belajar biologi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran synergetic teaching pada materi pokok animalia. 2) Hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran listening team pada materi pokok animalia. 3) Perbedaan metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team pada materi pokok animalia terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas penelitian adalah metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team, sedangkan variabel terikat penelitian adalah hasil belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang.
Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode Dokumentasi, yaitu untuk memperoleh data umum sekolah dan data peserta didik beserta nilai ulangan harian peserta didik pada materi biologi sebelumnya. Metode tes, yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik materi pokok animalia yang diberikan pada akhir pertemuan setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II.
Setelah diuji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran synergetic teaching dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh 80 yang berada pada interval 80-84; 2) Hasil belajar siswa peserta didik dengan metode pembelajaran listening team dalam kategori baik, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 78 yang berada pada interval 77-82; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran synergetic teaching dengan metode pembelajaran listening team terhadap hasil belajar biologi peserta didik Madrasah Aliyah Darul Ulum Ngaliyan Semarang, yaitu untuk n_1≠ n_2 dan varians homogen (σ_1^2= ó_2^2) = 5 % dengan dk= n_1+n_2-2 diperoleh ttabel = 1,70. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = 1,815. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 1,70. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 1 synergetic teaching lebih baik atau tidak sama dengan kelompok eksperimen 2 listening team.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Synergetic Teaching; Listening Team; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 08:24 |
Last Modified: | 22 May 2021 03:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1679 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year