Pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014

Akmalia, Nisa’ (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911050_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911050_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911050_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911050_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911050_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911050_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911050_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia saat ini masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Sehingga sering dijumpai adanya beberapa permasalahan diantaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa. Salah satunya adalah melalui pendekatan Make A Match dan Team Quiz. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram pada siswa kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal tahun pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dan dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif Make A Match Dan Team Quiz kelas V MI Miftahul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal dalam kondisi yang cukup baik. Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,75 yang berada dalam interval 76 – 80 dengan kualitas kategori cukup baik. (2) Hasil belajar binatang halal dan haram di kelas V MI Miftakhul ‘Ulum Mojoagung Plantungan Kendal berada pada kondisi yang baik, terbukti dengan nilai rata-rata 83,028 yang berada dalam interval 83 – 88 dengan kualitas nilai kategori baik. (3) Dari analisis uji hipotesis dapat diketahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan Team Quiz terhadap hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftakhul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal. Dari proses perhitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi sebesar 0,816. Melalui uji t diperoleh thitung = 6,615 > ttabel(0,05)(24) = 2,060 dan thitung = 6,615 > ttabel(0,01)(24) = 2,800 karena thitung lebih besar dari ttabel berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai Freg = 43,765. Melalui uji F diketahui bahwa Freg = 43,765 > Ftabel 5% = 4,3 dan Ftabe 1% = 7,94, maka hasilnya signifikan. Ini berarti bahwa ada pengaruh positif antara pembelajaran kooperatif make a match dan team quiz dan hasil belajar binatang halal dan haram kelas V MI Miftahul Ulum Mojoagung Plantungan Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Make a Match; Team Quiz; Halal dan Haram;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Mar 2014 06:42
Last Modified: 18 Mar 2014 06:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item