Pengaruh penerapan corporate social responsibility (CSR) terhadap loyalitas nasabah lembaga keuangan Islam (studi pada nasabah LKI Buana Kartika Mranggen)

Rohmah, As’adatur (2013) Pengaruh penerapan corporate social responsibility (CSR) terhadap loyalitas nasabah lembaga keuangan Islam (studi pada nasabah LKI Buana Kartika Mranggen). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411036_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411036_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411036_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411036_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411036_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411036_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411036_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Dalam industri lembaga keuangan syari’ah, LKI Buana Kartika yang tumbuh sebagai salah satu koperasi syari’ah menyadari dunia usaha tidak lagi sekedar kegiatan ekonomi untuk menciptakan keuntungan demi kelangsungan usahanya, melainkan juga tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan. Berbagai jenis program CSR dilakukan oleh LKI Buana Kartika melalui berbagai macam kegiatan seperti: santunan kepada anak yatim piatu, memberikan bantuan pendidikan terhadap yatim piatu, memberikan sumbangan terhadap program-program keagamaan, dan lain-lain. Banyaknya dana CSR yang diberikan tergantung pada perolehan laba perusahaan setiap tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh CSR terhadap loyalitas nasabah di LKI Buana Kartika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap loyalitas nasabah LKI Buana Kartika Mranggen, yang diukur dari variabel-variabel CSR, yaitu: tanggung jawab ekonomi, tanggung jawab legal, tanggung jawab etis dan tanggung jawab diskresi. Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh perusahaan untuk menambah kegiatan-kegiatan CSR dan kualitas program CSR sehingga dapat meningkatkan lagi loyalitas nasabah di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat satu variabel yaitu CSR sebagai variabel bebas (independent) dan loyalitas nasabah sebagai variabel terikat (dependent). Objek penelitian ini di LKI Buana Kartika Mranggen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Serta menggunakan alat ukur berupa validitas dan reliabilitas dalam Cronbach Alpha. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan parsial dengan menggunakan SPSS 16.0. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah LKI Buana Kartika. Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu teknik penarikan sampel convenience (accidental sampling). Besarnya sampel yang digunakan 90. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah. Ditunjukkan dengan nilai F test yang menunjukkan nilai 223,306 dengan tingkat probabilitas 0,000 yang di bawah alpha 5%. Hasil statistik F tabel = 3,95 sehingga dengan membandingkan statistik Fhitung dengan F tabel, dimana nilai F hitung (223,306) > F tabel (3,95) yang artinya bahwa variabel CSR secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Secara determain dapat diketahui dari hasil perhitungan R Square menunjukkan nilai sebesar 71,7%. Artinya kemampuan variabel independen untuk menjelaskan variabel dependen sebesar 71,7% sedang yang 28,3% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti). Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk semua pihak terutama dalam meningkatkan loyalitas nasabah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Lembaga Keuangan Islam; Loyalitas Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Apr 2014 05:12
Last Modified: 03 Apr 2014 05:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item