Peningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok iman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib selain malaikat melalui strategi Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas VII A MTs Nurul Ulum Mranggen Demak tahun ajaran 2010 / 2011

Najib, Ainun (2011) Peningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak materi pokok iman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib selain malaikat melalui strategi Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas VII A MTs Nurul Ulum Mranggen Demak tahun ajaran 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111077-Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111077-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 63111077-Bab1.pdf]
Preview
Text
63111077-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 63111077-Bab2.pdf]
Preview
Text
63111077-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 63111077-Bab3.pdf]
Preview
Text
63111077-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 63111077-Bab4.pdf]
Preview
Text
63111077-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 63111077-Bab5.pdf]
Preview
Text
63111077-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 63111077-Bibliogarfi.pdf]
Preview
Text
63111077-Bibliogarfi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui strategi Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas VII A MTs Nurul Ulum Mranggen Demak.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII A MTs Nurul Ulum Mranggen Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII A pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran aqidah akhlak yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Objek penelitian ini adalah di MTs Nurul Ulum Mranggen Demak kelas VII A dengan jumlah peserta didik 36 anak.
Pada penelitian ini peneliti memperoleh rata - rata hasil belajar dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik dengan nilai formatif peserta didik kelas VII A sebelum dilaksanakan tindakan adalah 69,75 dan 38,89 %. Kemudian barulah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran yang menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga suasana kelas menjadi hidup. Peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap siklus 1 dan tahap siklus 2.
Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan persentase ketuntasan belajar mencapai 77,78 % dengan nilai rata - rata mencapai 75,25. Sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan mencapai 100 % dan rata - rata tes akhir peserta didik adalah 89,75. Hasil penelitian yang diperoleh berarti terdapat peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan kenaikan persentase ketuntasan sebesar 22,22 % dan kenaikan nilai rata - rata sebesar 14,50.
Dari tahap – tahap tersebut jelas telah membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answer. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Strategi Pembelajaran; Iman kepada Malaikat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 May 2014 09:34
Last Modified: 28 May 2014 09:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics