Penggunaan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok tekanan peserta didik kelas VIII A semester II MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja tahun ajaran 2009/2010

Chasanah, Khoirotul (2011) Penggunaan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok tekanan peserta didik kelas VIII A semester II MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63611013_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63611013_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (918kB) | Preview
[thumbnail of 63611013_Bab1.pdf]
Preview
Text
63611013_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 63611013_Bab2.pdf]
Preview
Text
63611013_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 63611013_Bab3.pdf]
Preview
Text
63611013_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 63611013_Bab4.pdf]
Preview
Text
63611013_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 63611013_Bab5.pdf]
Preview
Text
63611013_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 63611013_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63611013_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII A Semester II MTs. NU 02 Al-Ma’arif Boja Tahun Ajaran 2009/2010. Kajiannya dilator belakangi oleh sulitnya peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan di sekolah yang hanya menggunakan metode ceramah, yang kemudian mengakibatkan malasnya peserta didik. Padahal dalam proses belajar mengajar, khususnya fisika, peserta didik dituntut untuk berfikir aktif, kreatif dan kritis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A Semester II MTs. NU 02 Al-Ma’arif Boja Tahun Ajaran 2009/2010.
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs. NU 02 Al-Ma’arif Boja. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan penelitian. Datanya diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif.
Kajian ini menunjukkan bahwa : 1. Model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran yang menununtut peserta didik aktif bekerja sama dan saling membantu. Selain itu merupakan model pembelajaran yang sangat menarik karena gabungan dari dua hal, yaitu belajar individu dan kelompok. Dengan model ini, diharapkan peserta didik senang dan antusias selama proses belajar mengajar. Sehingga dapat menjadikan peserta didik berfikir dan bertindak secara mandiri dan kreatif dalam preoses belajar mengajar. Dalam model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), peserta didik dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen dengan anggota 4–5 orang. Selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu maupun kelompok yang memerlukannya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran. Tahapan langkah dalam penelitian ini disusun dalam dua siklus. Siklus yang pertama dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan diakhiri dengan tes evaluasi. Sedangkan siklus II, pada dasarnya sama dengan siklus I hanya perbedaanya terletak pada perlakuan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, serta sub materi yang diajarkan.

Berdasarkan hasil data dan pembahasan, maka pada akhir skripsi ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs NU 02 Al–Ma’arif Boja pada sub materi pokok tekanan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata–rata pada prasiklus 54,16, meningkat menjadi 67, 25 dengan ketuntasan klasikal 60 % pada siklus I kemudian pada siklus II 84,5 dengan ketuntasan klasikal 97,2 %.
Selanjutnya diharapkan penelitian yang telah dilaksanakan ini dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Team Assisted Individualization; Hasil Belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jun 2014 12:32
Last Modified: 10 Jun 2014 12:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics