Pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran berbasis SETS (science, environment, technology, society) pada materi zat adiktif dan psikotropika di MTs NU 20 Kangkung kabupaten Kendal kelas VIII tahun ajaran 2010/2011

Mutholib, Abdul (2011) Pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran berbasis SETS (science, environment, technology, society) pada materi zat adiktif dan psikotropika di MTs NU 20 Kangkung kabupaten Kendal kelas VIII tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63711010_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63711010_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 63711010_Bab1.pdf]
Preview
Text
63711010_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 63711010_Bab2.pdf]
Preview
Text
63711010_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 63711010_Bab3.pdf]
Preview
Text
63711010_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 63711010_Bab4.pdf]
Preview
Text
63711010_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 63711010_Bab5.pdf]
Preview
Text
63711010_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 63711010_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63711010_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang media pembelajaran berupa buku saku berbasis SETS pada materi zat adiktif dan psikotropika. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam belajar materi zat adiktif dan psikotropika. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana susunan buku saku berbasis SETS untuk pembelajaran materi zat adiktif dan psikotropika? (2) Bagaimanakah pengembangan buku saku berbasis SETS dilihat dari tingkat efektivitas penggunaan pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika di MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal kelas VIII tahun ajaran 2010/2011? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di kelas VIII A sebagai kelas besar (33 peserta didik) dan VIII B sebagai kelas kecil (6 peserta didik) di MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal.
Kajian ini menunjukan bahwa: (1) buku saku yang telah dikembangkan ini terdiri dari 3 BAB yaitu kata pengantar, Bab I pendahuluan, Bab II isi materi, Bab III penutup, daftar pustaka dan glosarium. (2) Efektivitas buku saku berbasis SETS yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori baik. Pengumpulan data digunakan 2 jenis tes yaitu pretest dan postest untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Sedangkan metode angket untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku saku dan sikap terhadap media pembelajaran menggunakan media buku saku berbasis SETS. Hasil penelitian diperoleh prosentase pemahaman peserta didik kelas kecil sebesar 76,6 % dan kelas besar ini sebesar 70,9 %, berarti bahan pembelajaran menggunakan media buku saku berbasis SETS termasuk ke dalam kriteria baik. Sedangkan prosentase keterbacaan buku saku di kelas kecil sebesar 81,6 dan kelas besar sebesar 80,7 % dengan kriteria sangat baik. Sedangkan prosentase sikap peserta didik terhadap zat adiktif dan psikotropika di kelas kecil sebesar 73,6 % dan kelas besar sebesar 74, 6 %, berarti bahan pembelajaran menggunakan buku saku berbasis SETS termasuk ke dalam kategori baik.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran buku saku berbasis SETS yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria baik pada kelas besar dan kelas kecil. Skor total efektivitas buku saku berbasis SETS pada kelas kecil sebesar 11 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada kelas besar skor totalnya sebesar 11 dengan kategori sangat baik. Berrdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan “Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Tecnology, Society) Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika di MTs NU 20 Kangkung Kabupaten Kendal Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011 pada kelas kecil maupun kelas besar adalah sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Buku Saku; Zat Adiktif dan Psikotropika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 12 Jun 2014 00:56
Last Modified: 12 Jun 2014 00:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics