Upaya meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode reading a loud di kelas I MI Gubug Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2010/2011

Istiyaningsih, Istiyaningsih (2011) Upaya meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode reading a loud di kelas I MI Gubug Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111181_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111181_bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111181_bab2.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111181_bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111181_bab4.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111181_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111181_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah melalui metode reading aloud di kelas I MI Gubug Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Gubug Cepogo Boyolali dengan jumlah subyek 10 anak. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal huruf hijaiyah. Melalui metode ini tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru dapat dicapai dengan baik. Peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah peserta didik dapat dilihat nilai rata-rata hasil hafalan huruf hijaiyah peserta didik tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 68 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 81 dengan kriteria sangat baik. Disamping itu, metode Reading Aloud juga dapat meningkatkan aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan metode ini guru mudah merangsang keaktifan peserta didik melalui aktifitas membaca yang dilakukan dengan suara keras. Guru juga mudah memantau aktivitas peserta didik sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dapat diketahui dan dicarikan solusinya oleh guru. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik ini dapat terlihat dari prosentase aktifitas peserta didik dari siklus I yaitu 67,50% dan pada siklus II menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi praktisi dan semua pihak guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah; Metode Pembelajaran; Kemampuan Menghafal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:28
Last Modified: 23 Jun 2014 04:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2240

Actions (login required)

View Item View Item