Pengaruh profesionalisme guru mata pelajaran aqidah akhlaq terhadap motivasi belajar siswa di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati tahun pelajaran 2010/2011

Zuliana, Zuliana (2011) Pengaruh profesionalisme guru mata pelajaran aqidah akhlaq terhadap motivasi belajar siswa di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111311-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111311-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111311-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111311-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111311-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111311-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111311-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya proses belajar siswa yang sangat dipengaruhi oleh guru. Studi ini untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana profesionalisme guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? (3) Adakah pengaruh profesionalisme guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq terhadap prestasi belajar siswa MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang profesionalisme guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq (variabel X) dan data tentang motivasi belajar siswa (variabel Y), juga merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 42 responden dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (profesionalisme guru Aqidah Akhlaq) dan variabel Y (motivasi belajar siswa) diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui profesionalisme guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 41,24 berada pada interval 40 – 48, dengan kategori sangat baik, sedangkan motivasi belajar siswa di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 nilai rata-rata mencapai 42,07berada pada interval 40 - 48, dengan kategori sangat tinggi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu predictor menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq terhadap motivasi belajar siswa di MI Nihayaturraghibin Sundoluhur Kecamatan Kayen Pati. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan observasi = 29,386 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai F tabel dengan db = 1 lawan 30 baik pada taraf signifikasi 5 % (29,386 > 4,08), maupun pada taraf signifikasi 1 % (29,386 > 7,31), maka menunjukkan angka yang signifikan. Dengan demikian, semakin tinggi profesionalisme guru, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah profesionalisme guru maka akan semakin rendah motivasibelajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Aqidah Akhlaq; Profesionalisme Guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:32
Last Modified: 24 Jun 2014 04:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item