Upaya guru dalam pengembangan akhlak perilaku sosial melalui metode bermain peran di RA Masyithoh Tugurejo Semarang

Chaidaroh, Chaidaroh (2011) Upaya guru dalam pengembangan akhlak perilaku sosial melalui metode bermain peran di RA Masyithoh Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111216_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111216_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 73111216_bab1.pdf]
Preview
Text
73111216_bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 73111216_bab2.pdf]
Preview
Text
73111216_bab2.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 73111216_bab3.pdf]
Preview
Text
73111216_bab3.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 73111216_bab4.pdf]
Preview
Text
73111216_bab4.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 73111216_bab5.pdf]
Preview
Text
73111216_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73111216_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111216_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Adakah pengembangan akhlak perilaku sosial melalui metode bermain peran di RA Masyithoh Tugurejo Semarang. (2) Mengetahui implementasi metode bermain peran dalam pengembangan perilaku sosial di RA Masyithoh Tugurejo Semarang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B RA Masyithoh Tugurejo Semarang dengan jumlah siswa 20 anak.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Metode bermain peran dapat mengembangkan akhlak perilaku sosial peserta didik di RA Masyithoh Tugurejo Semarang. Pengembangan akhlak perilaku sosial peserta didik dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik. Pada siklus I aktivitas peserta didik mencapai 64,29% yang menunjukkan bahwa akhlak perilaku sosial peserta didik mulai berkembang. Sedangkan pada siklus II aktivitas peserta didik meningkat menjadi 82,14% yang berarti bahwa akhlak perilaku sosial peserta didik sudah berkembang sangat baik. 2) Implementasi metode bermain peran dalam pengembangan akhlak perilaku sosial di RA Masyithoh Tugurejo Semarang sudah berjalan dengan baik. Penerapan metode bermain peran ini mengedepankan aktifitas peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan secara kolektif, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik. Peran guru dalam pembelajaran sebagai sutradara yang mengatur setiap adegan dan mengarahkan peserta didik sehingga bisa mengambil pelajaran dari aktifitas bermain peran tersebut.
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi informasi dan masukan bagi para tenaga pengajar yang ingin memperbaiki kualitas pembelajaran. Metode bermain peran dapat diterapkan dalam pembelajaran guna mengembangkan akhlak perilaku sosial peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Akhlak; Metode Pembelajaran; Peran Guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:35
Last Modified: 24 Jun 2014 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics