Efektivitas model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD pada materi pokok logika matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2010/2011

Muamanah, Muamanah (2011) Efektivitas model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD pada materi pokok logika matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511061 _Muamanah]
Preview
Text (SKRIPSI_073511061 _Muamanah)
73511061_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of 73511061_bab1.pdf]
Preview
Text
73511061_bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 73511061_bab2.pdf]
Preview
Text
73511061_bab2.pdf - Accepted Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 73511061_bab3.pdf]
Preview
Text
73511061_bab3.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 73511061_bab4.pdf]
Preview
Text
73511061_bab4.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 73511061_bab5.pdf]
Preview
Text
73511061_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 73511061_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511061_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD pada materi pokok logika matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik dan pemahaman konsep yang dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional. Misalnya, pada materi logika matematika peserta didik masih sulit dalam memahami konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, serta konvers, invers dan kontraposisi. Kurangnya keaktifan dan pamahaman peserta didik berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik yang masih kurang dari KKM mata palajaran matematika disekolah yaitu 60. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah model pembelajaran Learning Cycle berbantuan LKPD pada materi pokok logika matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal?. Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Terpilih kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas control. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, obervasi dan tes. Berdasarkan analisis hasil belajar dengan model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD terdapat peningkatan ketuntasan kriteria minimum (KKM) 89% . Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 66%. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 4,341 sedangkan nilai t = 1,66. Karena t hitung> t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar peserta didik keas X yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD lebih besar atau sama dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan modl pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada materi pokok logika matematika di kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2010/2011, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan teknik model pembelajaran learning cycle serta menerapkan model pembelajaran learning cycle ini pada materi pokok yang lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Learning Cycle; Logika Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:41
Last Modified: 19 Jun 2021 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics