Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII pada materi pokok getaran dan gelombang di SMP Islam Al-Kautsar Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Rohmah, Nur (2011) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII pada materi pokok getaran dan gelombang di SMP Islam Al-Kautsar Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73611025_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611025_bab1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611025_bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611025_bab3.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611025_bab4.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611025_bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73611025_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII pada materi pokok getaran dan gelombang di SMP Islam Al-Kautsar Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Kautsar Semarang. Pada penggunaan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, VIII B sebagai kelas kontrol, sedangkan VIII A sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok subyek yang mendapatkan perlakuan (treatment) pada proses pembelajaran adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol pada proses pembelajaran dengan metode konvensional (ceramah atau klasikal). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode wawancara diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Pada tes akhir (post-test) diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, lebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh t hitung = 4.32 dan dari tabel distribusi t diperoleh t tabel = 1.66 dengan α = 0.05 dan dk = 40+40-2 = 78. Hal ini menunjukan bahwa t hitung > t tabel, jadi Ha : μ1 > μ2 diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi pokok getaran dan gelombang berbeda secara nyata dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen X = 74.625 dan rata-rata kelas kontrol X = 66.625 Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi getaran dan gelombang lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Student Teams Achievement Division (STAD); Hasil Belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:57
Last Modified: 14 Jul 2014 05:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item