Peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil pada surat al-Bayyinah dan al-Kafirun menggunakan metode reading aloud dan indeks card match pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (studi tindakan kelas pada siswa kelas III MI Kalisidi 02 kec. Ungaran Barat kab. Semarang tahun pelajaran 2010/2011)

Rahmawati, Diana (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil pada surat al-Bayyinah dan al-Kafirun menggunakan metode reading aloud dan indeks card match pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (studi tindakan kelas pada siswa kelas III MI Kalisidi 02 kec. Ungaran Barat kab. Semarang tahun pelajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111335-COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111335-bab1.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111335-bab2.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111335-bab3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111335-bab4.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111335-bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111335-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:(1) Bagaimana penggunaan metode reading aloud dan indeks card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Alqur’an hadits kelas III pokok bahasan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil pada surat Al-Bayyinah dan Al-Kafirun di MI Kalisidi 02 Kec.Ungaran Barat Kab.Semarang? (2) Apakah penerapan metode reading aloud dan indeks card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Alqur’an hadits kelas III pokok bahasan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil pada surat Al-Bayyinah dan Al-Kafirun di MI Kalisidi 02 Kec.Ungaran Barat Kab.Semarang ? Kajian ini menunjukkan bahwa:(1) Metode reading aloud dan indeks card match digunakan untuk menarik perhatian dan memudahkan siswa dalam menerima materi. Hal ini ditunjukkan adanya perhatian siswa lebih aktif dan lebih bersemangat dalam menerima materi mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil pada surat Al-Bayyinah dan Al-Kafirun (2) Penerapan metode reading aloud dan indeks card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan pada tiap siklusnya. Pada prasiklus mempunyai rata-rata 69,69 (46,86%). Pada siklus I rata-rata kelas mencapai 72,06 (65,63%). Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 75,28 (75%) dan pada siklus III rata-rata kelas mencapai 80,87 (90%). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus , yaitu siklus I, II dan III. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dilihat dari tahap demi tahap terdapat peningkatan yang signifikan. Namun demikian, masih terdapat tiga siswa yang nilainya di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu siswa memiliki daya ingat yang rendah dan tingkat intelektualitas yang rendah pula. Ketiga siswa tersebut diadakan program remidial. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi siswa pada pelajaran Alqur’an hadits khususnya pokok bahasan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil. Hali itu karena dorongan belajar dan semangat belajar siswa juga bisa dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Ilmu Tajwid; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 07:15
Last Modified: 04 Jul 2014 07:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item View Item