Pengaruh penguasaan mufrodat terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari kecamatan Secang kabupaten Magelang tahun pelajaran 2009/2010

Masyruh, Muhammad (2011) Pengaruh penguasaan mufrodat terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari kecamatan Secang kabupaten Magelang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111223_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111223_bab1.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111223_bab2.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111223_bab3.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111223_bab4.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111223_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111223_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana penguasaan mufrodat siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2009/2010. (X) ; 2. Bagaimana prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2009/2010 (Y) ; 3. Adakah pengaruh penguasaan mufrodat (X) terhadap prestasi belajar Bahasa Arab (Y) siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik regresi. Subyek penelitian sebanyak 34 responden yang terdiri dari kelas VII, menggunakan teknik sampling. Adapun metode pengumpulan data menggunakan : tes/angket, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa deskriptif. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : 1. Penguasaan mufrodat siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari dalam kategori cukup, yakni dengan nilai rata – rata sebesar 73,47 yang terletak di interval 69 - 77 ; 2. Prestasi belajar siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari pada pelajaran bahasa Arab dalam kategori cukup. Yaitu rata – ratanya berjumlah75,09 yang terletak di interval 68 - 76 ; 3. Ada pengaruh penguasaan mufrodat terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Arrosyidin Madusari tahun pelajaran 2009-2010, ditunjukkan nilai (Fhitung) diketahui berjumlah 77,19, sedangkan nilai F Tabel untuk Ft0,01 ( 1:32) = 7,50 dan Ft0,05 (1 : 32) = 4,15. Dengan demikian Fhitung > Ft0,01 dan Ft0,05 hal ini menunjukkan adanya nilai yang signifikan. Ini berarti penguasaan mufrodat berpengaruh pada prestasi belajar bahasa Arab baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%.. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika dan tenaga pendidik di lingkungan MTs Arrosyidin Madusari agar lebih banyak memberikan kosa kata kepada siswa dan melatihnya sesering mungkin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Bahasa Arab; Mufrodat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:13
Last Modified: 17 Jul 2014 01:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item