Penerapan pembelajaran modeling teacher untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu di MI Hidayatussibyan Wadaslintang Wonosobo tahun 2010

Fidiyanto, Arif (2011) Penerapan pembelajaran modeling teacher untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu di MI Hidayatussibyan Wadaslintang Wonosobo tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
73111236_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111236_bab1.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111236_bab2.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111236_bab3.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111236_bab4.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111236_bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
73111236_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penilitian yang penulis lakukan berangkat dari rendahnya hasil belajar yang diperoleh pada siswa kelas II dalam pembelajaran materi shalat fardhu. Hal tersebut disebabkan kurangnya kompetensi guru kelas II dalam mengajar materi shalat fardhu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana Penerapan modeling teacher pada mapel fiqih materi shalat fardhu pada siswa kelas II MI Hidayatussibyan Wadaslintang Wonosobo, 2) Mengetahui apakah Penerapan modeling teacher dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu pada siswa kelas II di MI Hidayatussibyan Wadaslintang Wonosobo. Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas. Yang di dalamnya menggunakan 2 siklus. Siklus yang penulis lakukan untuk mengetahui sejauhmana tujuan penelitian ini dapat tercapai. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 68,71 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 45%.. Setelah diambil tindakan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 78,05 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 72%. Pada tahap siklus II nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 87,32 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 100%. Setelah melaksanakan siklus dan mengetahui hasil siklus, penerapan pembelajaran modeling teacher dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penulis berharap dengan adanya penelitian ini akan menambah motivasi bagi guru kelas II sehingga dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran lebih baik lagi. Dan penulis juga berharap pembelajaran modeling teacher ini dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran bagi guru kelas II di waktu yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Modeling Teacher; Hasil Belajar; Fiqih; Shalat Fardhu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:17
Last Modified: 17 Jul 2014 01:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item