Dirāsah taḥlīliyyah `an kitāb “Anā Uḥibbu al-Muḥādaṡah” li madrasah Al-Khoiriyyah al-ibtidā'iyyah al-Islāmiyyah min nāḥiyatai al-māddah wa al-ṭarīqah

Ulfiyah, Ulfiyah (2014) Dirāsah taḥlīliyyah `an kitāb “Anā Uḥibbu al-Muḥādaṡah” li madrasah Al-Khoiriyyah al-ibtidā'iyyah al-Islāmiyyah min nāḥiyatai al-māddah wa al-ṭarīqah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103211068_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211068_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211068_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211068_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211068_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211068_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103211068_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang buku yang berjudul "saya suka bercakap-cakap." Percakapan adalah salah satu strategi yang digunakan oleh guru dalam keterampilan berbicara, dan penggunaan percakapan yang dilakukan antara siswa dan guru atau siswa dengan siswa. Selain mengajarkan percakapan, guru daripada siswa kosakata akan memperkaya kosakata lebih banyak dan lebih dalam rangka untuk terus menggunakan buku ini karena buku ini sebagai buku tambahan yang menarik bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara secara efektif di sekolah, masalah yang disajikan oleh peneliti yaitu 1. Apa Materi dan metode yang digunakan oleh buku " Ana Uhibbu Al-Muhadatsah " untuk Madrasah Ibtidaiyyah Al-Khoiriyyah ? 2. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada buku Ana Uhibbu Al-Muhadatsah " untuk Madrasah Ibtidaiyyah Al-Khoiriyyah ditinjau dari segi materi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi dan metode yang digunakan dalam mengajarkan bahasa Arab dengan menggunakan buku, “Ana Uhibbu Al-Muhadatsah” Dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari buku “Ana Uhibbu Al-Muhadatsah” dalam hal substansi. Metode yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dalam metode penelitian ini adalah metode kepustakaan dan metode wawancara serta autentikasi atau dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis konten yaitu serangkaian langkah-langkah yang sistematis, yang berupaya untuk menemukan makna yang melekat dalam konten. Seharusnya merupakan cara untuk memperoleh informasi tentang data dan interpretasi konsep dan ide-idenya dan jawabannya melalui observasi dan wawancara, dan lain-lain. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa materi buku ini “Ana Uhibbu Al-Muhadatsah” untuk Madrasah Ibtidaiyyah Al-Khoiriyyah mengikuti teori unit kesatuan yaitu menggunakan kurikulum ( KTSP ) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sesuai dengan peraturan Menteri Agama no.2 tahun 2008 / PERMENAG no 2 th 2008. Sementara menurut peneliti metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan buku “Ana Uhibbu Al-Muhadatsah” adalah cara untuk memberikan pengarahan agar memberikan prioritas terhadap metode langsung untuk keterampilan berbicara, sehingga sesuai untuk pembelajaran buku “Ana Uhibbu Al-Muhadatsah” Dengan metode tersebut guru mengajarkan percakapan di kelas juga dapat menggunakan metode lain yang beragam seperti metode ceramah , dan metode penerjemahan dan kemudian diterapkan bersama-sama antara guru dan murid atau guru meminta siswa saling bertatap muka dan melakukan percakapan di depan kelas dan senantiasa siswa harus menggunakan itu dan menerapkannya setiap hari di sekolah . Adapun Keunggulan dan kekurangan yang tedapat pada buku, peneliti menemukan tujuh kelebihan dan enam kekurangan dari buku ini berdasarkan pernyataan sebelumnya, bahwa peneliti berharap penelitian ini menjadi salah satu sumber informasi dan saran bagi mahasiswa dan peneliti, dan semua orang yang membutuhkannya yang berada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Wali Songo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar; Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Additional Information: Pembimbing: Machfudz Siddiq, Lc., M.A.; Tuti Qurrotul Aini, M.S.I.
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Dec 2014 02:33
Last Modified: 02 Dec 2014 02:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item