Peningkatan kecerdasan emosional anak melalui pendekatan agama di panti asuhan Darul Hadlonah Semarang

Rochmat, Rochmat (2010) Peningkatan kecerdasan emosional anak melalui pendekatan agama di panti asuhan Darul Hadlonah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1105026_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1105026_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya, proses peningkatan kcerdasan emosional anak asuh akan semakin terhambat bila anak tersebut mengalami deprivasi emosional, yaitu keadaan dimana anak tersebut kurang memiliki kesempatan untuk menghayati pengalaman emosional yang menyenangkan seperti kasih sayang, kegembiraan, perhatian, dan kesenangan. Di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang, anak asuh yang cenderung mengalami deprivasi emosional ini terutama adalah anak-anak yang pada masa awal menjadi yatim atau anak Panti Asuhan seperti rasa takut, minder, cemas, gelisah, fustrasi dan perasaan-perasaan menurut kadar seorang anak. Deprivasi emosional ini akan sangat berpengaruh terhadap aspek perkembangan lainnya seperti keterlambatan dalam perkembangan fisik, motorik, intelektual, dan sosialnya. Disamping itu, adalah kecenderungan anak asuh yang dalam masa awal perkembangannya mengalami deprivasi emosional akan bersifat menarik diri, mementingkan diri sendiri serta sangat menuntut pertolongan atau perhatian dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tentang Peningkatan kecerdasan emosional terhadap anak melalui pendekatan agama di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang, yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk uraian kata-kata atau tulisan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi Dari hasil penelitian yang dilakukan, proses peningkatan kecerdasan emosional melalui pendekatan agama di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang menitik beratkan pada proses meningkatkan kecerdasan emosional, terutama dilaksanakan pada jadwal yang sudah tertera. Dalam peningkatan kecerdasan emosional anak asuh, semua pengasuh bekerjasama dengan unsur atau pihak Panti Asuhan, sehingga pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk peningkatan kecerdasan emosional anak asuh direalisasikan sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional anak asuh. Aspek- aspek terpenting yang dilakukan diantaranya: : Pengasuh dalam hal ini memberikan siraman rohani setiap pagi dan sore kepada anak asuh, yang materinya meliputi: aspek aqidah, praktek keagamaan, (ibadah), pengalaman keagamaan dan budi pekerti. Aspek-aspek tersebut diwujudkan dengan sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an, Fiqih, Nahwu, Kajian kitab, diskusi, khitobah ektra kurikuler olaraga, kesenian dan keterampilan. Dari situ, semua unsur yang ada di lingkungan panti saling bekerjasama dengan pihak yang terkait dan wali anak asuh. Sehingga perilaku keagamaan dan budi pekerti anak asuh menjadi lebih baik dan meningkat yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan panti, maupun dimasyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang, terutama bagi para pengasuh, dan pihak yang terkait.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Anak; Pendekatan Agama; Panti Asuhan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sholihan, M.Ag.; Yuli Nurkhasanah, S.Ag., M. Hum.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Dec 2014 06:57
Last Modified: 11 Dec 2014 06:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item