Studi komparasi prestasi belajar siswa antara yang tidak ditinggal kerja keluar negeri dan siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya (studi kasus di MI Muhammadiyah Tanjungsari Kec. Tersono Kab. Batang tahun ajaran 2013/2014)

Hidayat, M. Syarif (2014) Studi komparasi prestasi belajar siswa antara yang tidak ditinggal kerja keluar negeri dan siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya (studi kasus di MI Muhammadiyah Tanjungsari Kec. Tersono Kab. Batang tahun ajaran 2013/2014). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111081_coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111081_bab1.pdf - Accepted Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111081_bab2.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111081_bab3.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111081_bab4.pdf - Accepted Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111081_bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111081_bibiliografi.pdf - Bibliography

Download (71kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perbandingan Prestasi Belajar siswa yang tidak ditinggal kerja keluar negeri dan siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya pada kelas III, IV, dan V. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah prestasi belajar siswa yang tidak ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya? (2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya? (3) Adakah perbedaanprestasi belajar siswa yang tidak ditinggal bekerja keluar negeri dan siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya? Penelitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian kuantitatif komparatif dengan merumuskan perbandingan prestasi belajar antara dua kelompok yaitu anak kelas III, IV, dan V antara yang tidak ditinggal kerja keluar negeri dan siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya tahun ajaran 2013/2014. Data kami peroleh dengan wawancara, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dua kelompok bersama-sama diambil nilai rata-rata raport, kita olah untuk memastikan perbandingan prestasi belajar dua kelompok tersebut, kemudian penulis hitung dengan rumus statistika. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar siswa kelas III, IV, dan V yang tidak ditinggal bekerja keluar negeri oleh orang tuanya pada tahun 2013/2014 lebih dari cukup, (2) Prestasi belajar siswa kelas III, IV, dan V yang ditinggal bekerja keluar negeri oleh orang tuanya tahun 2013/2014 adalah kurang dari cukup. (3) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara yang tidak ditinggal bekerja keluar negeri dan siswa yang ditinggal kerja keluar negeri oleh orang tuanya. Terbukti dengan nilai tt pada taraf signifikan 5% dengan tt 1.994 dan pada taraf signifikansi 1% dengan tt 2.648, dengan demikian t0 yaitu sebesar 3.276 adalah jauh lebih kecil dari pada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1% jadi, t0 > tt (3,276 > 1,994 dan 2,648) yang berarti Ha di diterima dan H0 ditolak.Temuan tersebut memberikan acuan pada semua pihak untuk berbenah diri demi tercapainya prestasi belajar pada siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar siswa; Orangtua bekerja di luar negeri
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : H. Mursid, M.Ag; Amin Farih, M.Ag
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 11 Dec 2014 07:10
Last Modified: 11 Dec 2014 07:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item