Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Pokok Iman kepada Kitab Allah Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode TPS (Think-Pair-Share) (Studi Tindakan pada Kelas V SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen)

Widiastuti, Novi (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Materi Pokok Iman kepada Kitab Allah Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode TPS (Think-Pair-Share) (Studi Tindakan pada Kelas V SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111067_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111067_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111067_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111067_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111067_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111067_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111067_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan mengerjakan LKS. Sehingga komunikasi yang terjadi hanya satu arah dan hanya pendidik yang aktif, sedangkan peserta didik menjadi pasif. Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajaran yang bisa dilakukan adalah cooperative learning dengan metode TPS (Think-Pair-Share) yaitu sebuah metode yang akan membuat peserta didik bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan metode TPS (Think-Pair-Share) pada pembelajaran PAI materi pokok Iman Kepada Kitab Allah di kelas V SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen. 2) Adakah peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi pokok Iman Kepada Kitab Allah melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan metode TPS (Think-Pair-Share) di kelas V SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dengan metode TPS (Think-Pair-Share). Hasil penelitian menunjukkan: dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning dengan metode TPS (Think-Pair-Share) pada pembelajaran PAI materi pokok Iman Kepada Kitab Allah di kelas V SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen membuat peserta didik menjadi aktif. Hai ini terlihat dari meningkatnya keaktifan belajar peserta didik yaitu pada pra siklus yang berada pada kategori sangat aktif dan aktif ada 53% naik menjadi 75% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II naik menjadi 91%. Ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pokok Iman Kepada Kitab Allah di kelas V SD Negeri 2 Kalibagor Kebumen setelah menerapkan cooperative learning dengan metode TPS (Think-Pair-Share). Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dalam tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan dengan KKM 70 ada 60% naik menjadi 72% pada siklus I dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II naik menjadi 87%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Metode Think-Pair-Share; Tindakan Kelas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 28 Nov 2013 03:28
Last Modified: 28 Nov 2013 03:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item