Implementasi model sekolah alam di pendidikan anak usia dini Ar Ridho Semarang dalam tinjauan pendidikan Islam

Thohir, Agus (2010) Implementasi model sekolah alam di pendidikan anak usia dini Ar Ridho Semarang dalam tinjauan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3103176_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103176_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103176_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103176_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103176_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103176_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3103176_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi konsep model sekolah alam di pendidikan anak usia dini Ar Ridho Semarang, 2) Penerapan model sekolah alam di pendidikan anak usia dini Ar Ridho Semarang dalam tinjauan pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan empirik phenomenologik-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan metode pendekatan spider web. Sekolah alam atau yang lebih di kenal dengan School Of Universe, merupakan pendidikan alternatif dengan menggunakan konsep pembelajaran integrasi terpadu yang dilakukan melalui tema. Tema yang dibangun dapat membangkitkan minat anak dan bersifat kontekstual. Metode belajarnya menggunakan lingkungan alam sekitar. Penggunaan lingkungan alam sekitar tidak hanya sebagai obyek observasi saja tetapi juga sebagai sarana dalam proses pembelajaran. (learning experience). Model pembelajaran yang berpusat pada anak (child centered learning) merupakan pembelajaran dengan menggunakan sepasang perspektif yang berpusat pada anak dan mengetahui kondisi perkembangan mental dan emosional anak Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa Implementasi model sekolah alam di merupakan proses penerapan ide, konsep dan inovasi pembelajaran yang mengedepankan model alam. Dari manajemen dan pengelolaannya menggunakan desain site plann berciri khas pada desain ramah lingkungan Penerapan model sekolah alam di Pendidikan Anak Usia Dini Ar Ridho Semarang menjadi bukti bahwa pendidikan yang berlandaskan nilai Islam menjadi penting untuk terus dikaji dan dikembangkan. Termasuk PAUD Ar Ridho, dalam proses pembelajarannya menjadikan alam sebagai basis media untuk mengakrabkan peserta didik terhadap nilai-nilai Islam. Anak terbiasa bersahabat dengan alam dan tertanamkan rasa tanggung jawab dengan kelangsungan kehidupan disekitarnya lebih dini tanpa mengesampingkan pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi civitas akademika, para mahasiswa, guru dan lainnya memberi dorongan pada khalayak akademisi intelektual agar senantiasa melakukan kajian dan penelitian ilmiah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sekolah Alam; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dra. Muntholi’ah, M.Pd.; H. Mursid, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:12
Last Modified: 29 Dec 2014 09:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item