Implementasi model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok perbandingan semester gasal kelas VII A MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal tahun pelajaran 2009/2010

Khotimah, Khotimah (2010) Implementasi model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok perbandingan semester gasal kelas VII A MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105319_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105319_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105319_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105319_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105319_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105319_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105319_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar matematika materi pokok perbandingan peserta didik semester gasal kelas VII A MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal dengan penerapan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education), (2) Mencari strategi yang operasional untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Subyek penelitian peserta didik semester I kelas VII A MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kabupaten Kendal dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 anak. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan siklus I sudah direncanakan sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I. Dari tiap siklus akan diukur ketuntasan hasil belajar peserta didik. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian, hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar mencapai 66,67% dengan rata-rata kelas 63,64, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 92,3% dengan rata-rata kelas 75. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Realistic Mathematics Education (RME); Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S.Pd., M.Sc.; H. Mursid, M.Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 10:02
Last Modified: 31 Dec 2014 10:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item