Penerapan model pembelajaran tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Alif Lam siswa kelas VII A MTs Abadiyah Gabus Pati tahun pelajaran 2010/2011

Nafi’, Lailatun (2010) Penerapan model pembelajaran tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Alif Lam siswa kelas VII A MTs Abadiyah Gabus Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111095_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111095_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111095_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111095_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111095_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111095_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111095_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran materi alif lam peserta didik semester gasal kelas VIIA MTs Abadiyah Gabus Pati tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Abadiyah Gabus Pati tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observassi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik rata-rata kelas 6,5 dan ketuntasan belajar 75%. Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik 67,05 dengan ketuntasan klasikal 67,5%. Pada Siklus 1 dilaksanakan dua pertemuan dan Siklus 2 dilaksanakan dengan dua pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik 72,15 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Kemudian pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu mencapai 78,96 dengan ketuntasan belajar klasikal 95%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran tipe TAI. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik semester gasal kelas VII A MTs Abadiyah Gabus Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi alif lam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Team Assisted Individualization; Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Fakhrur Rozi, M.Ag. ; Drs. Wahyudi, M.Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jan 2015 01:15
Last Modified: 10 Jan 2015 01:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item