Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran reading guide pada pembelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji kelas IV semester genap di SDN 02 Wonosari Kendal

Zulaikhoh, Siti (2010) Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran reading guide pada pembelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji kelas IV semester genap di SDN 02 Wonosari Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111104_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111104_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111104_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111104_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111104_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111104_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111104_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide pada pembelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji Kelas IV Semester Genap di SDN 02 Wonosari Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Wonosari Kendal pada semester genap tahun 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes prestasi (achievement test). Data hasil pengamatan tes prestasi (achievement test) atau nilai evaluasi diolah dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode pembelajaran Reading Guide dalam penelitian ini menggabungkan dengan metode cerita. Penyampaian materi perilaku terpuji dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide, yaitu dengan memberikan sebuah cerita dan lembar pertanyaan. Dengan menggabungkan metode pembelajaran Reading Guide dengan metode cerita, dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan bersemangat sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dengan perolehan aktivitas siswa, yaitu pada siklus I aktivitas peserta didik adalah 57,77% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 75,25%. 2). Hasil belajar PAI siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide mengalami peningkatan, khususnya pada materi pokok perilaku terpuji. Pra siklus diperoleh nilai rata-rata 60,25 dengan ketuntasan belaja 40% Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,75 dengan ketuntasan belajar 55%. Dan meningkat menjadi 74,25 dengan ketuntasan 80%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus III.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Perilaku Terpuji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: DR. H. Ruswan, M. A.; Drs. Sugeng Ristiyanto, M. Ag.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jan 2015 01:27
Last Modified: 10 Jan 2015 01:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item