Studi pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan melalui pendidikan dan pelatihan di MA Darun Najah Ngemplak Pati

Rahman, Taufiqur (2010) Studi pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan melalui pendidikan dan pelatihan di MA Darun Najah Ngemplak Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105377_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105377_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105377_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105377_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105377_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105377_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105377_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1). Untuk mengetahui kondisi objektif kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di MA Darun Najah Ngemplak Pati. 2).Untuk mengetahui strategi pengembangan kualitas bagi pendidik dan tenaga kependidikan melalui pendidikan dan latihan di MA Darun Najah Ngemplak Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata bukan angka-angka. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) dengan teknik analisis non statistik (analisis deskriptif) yang melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dikorelasikan dengan teori-teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi objektif kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di MA Darun Najah Ngemplak Pati dapat dikatakan baik, hal ini dilihat dari empat standar kompetensi yang harus dimiliki pendidik yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial, sebagian pendidiknya bisa dikatakan cukup berkompeten. hal ini terbukti dengan adanya penilaian yang dilakukan penulis melalui wawancara dengan peserta didik tentang kompetensi yang dimiliki pendidik dan kebanyakan mengatakan baik. (2) Strategi pengembangan kualitas bagi pendidik melalui pendidikan dan latihan yang dilakukan MA Darun Najah Ngemplak Pati yaitu melalui pengembangan yang diadakan oleh Depag dan lembaga sendiri, yang dilakukan oleh lembaga sendiri yaitu Diklat tentang penyusunan RPP, dan pengembangan yang dilakukan oleh Depag diantaranya, pendidikan dan pelatihan tentang pembuatan silabus KTSP , dan workshop tentang mutu ajar MA PK. Adapun strategi pengembangan yang dilakukan MA Darun Najah Ngemplak Pati untuk mengembangkan kualitas tenaga kependidikan sementara belum terencana dengan baik. Strategi pengembangan kualitas tenaga kependidikan hanya sebatas mengirimkan tenaga kependidikan kalau ada undangan dari Depag. Pengembangan yang dilaksanakan oleh tenaga kependidikan yaitu, Diklat KTSP dan diklat tentang pengembangan Renstra yang dilakukan kepala sekolah, Diklat tentang aplikai software dan enty data yang dilakukan tenaga administrasi, dan workshop tentang aplikasi data dan pembuatan katalog yang dilakukan oleh tenaga perpustakaan. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik dan tenaga kependidikan MA Darun Najah Ngemplak Pati, mahasiswa, pengajar mata kuliah jurusan Kependidikan Islam dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidik; Tenaga Kependidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Djoko Widagdho, M.Pd.; Fahrurrozi, M.Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:16
Last Modified: 22 Jan 2015 09:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item