Upaya peningkatan hasil belajar fikih melalui metode karya wisata pada materi pemeliharaan lingkungan dan kepedulian sosial di kelas IX A MTs Nurussalam Tersono Batang

Rosyada, Naily (2010) Upaya peningkatan hasil belajar fikih melalui metode karya wisata pada materi pemeliharaan lingkungan dan kepedulian sosial di kelas IX A MTs Nurussalam Tersono Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105441_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105441_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 3105441_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105441_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 3105441_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105441_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 3105441_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105441_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 3105441_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105441_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (886kB) | Preview
[thumbnail of 3105441_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105441_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3105441_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105441_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode karya wisata pada materi pemeliharaan lingkungan dan kepedulian sosial dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX A MTs Nurussalam Tersono Batang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas IX A MTs Nurussalam tersono Batang. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dan observasi secara langsung di kelas IX A dapat diketahui bahwa metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran fikih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan aktivitas pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode karya wisata yaitu kelas IX A yang jumlahnya ada 45 peserta didik, yang mana masih banyak nilai siswa yang belum mencapai KKM.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui metode karya wisata dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana pembelajaran menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, peserta didik yang tergolong aktif baru mencapai 50% dan rata-rata hasil belajar 67,50 dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Pada siklus I, setelah dilaksanakan tindakan, aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 60% dan rata-rata hasil belajar 75 dengan ketuntasan klasikal 65%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat dipersentasekan menjadi 89% dengan rata-rata hasil belajar adalah 78,71 dan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode karya wisata dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode karya. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.SI.; Amin Farih, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Fikih; Karya Wisata; Pemeliharaan Lingkungan; Kepedulian Sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 23 Jan 2015 07:29
Last Modified: 23 Jan 2015 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics