Efektivitas kolaborasi strategi pembelajaran PQ4R dengan team quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Hidayah, Nurul (2014) Efektivitas kolaborasi strategi pembelajaran PQ4R dengan team quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Preliminray pages)
103811021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter_1)
103811021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter_2)
103811021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter_3)
103811021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter_4)
103811021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter_5)
103811021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103811021_Lampiran.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektifitas kolaborasi strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dengan Team Quiz terhadap hasil belajar siswa materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa dalam proses pembelajaran terkadang mengalami kesulitan untuk mengingat apa yang dipelajari, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan pra-eksperimental dengan desain one shot case study dan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pra-eksperimen atau sering juga disebut dengan Quasi experiment (eksperimen semu) yaitu metode penelitian eksperimen yang hasilnya merupakan variabel dependen itu sendiri tanpa dipengaruhi oleh variabel independen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang. Sampel dari penelitian ini adalah populasi dari siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang karena sampel merupakan sampel jenuh yang kurang dari 100. Dalam penelitian ini kelas eksperimen diberikan perlakuan kolaborasi strategi pembelajaran PQ4R dengan Team Quiz untuk memperoleh hasil belajar siswa melalui posttest pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang akan dibandingkan dengan nilai KKM 70. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode test, dan metode dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan siswa selama proses pembelajaran. Metode test digunakan memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data siswa. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas dan analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan. Analisis data menunjukkan adanya Efektivitas Kolaborasi Strategi Pembelajaran PQ4R dengan Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. analisis uji t satu pihak yaitu pihak kanan, menunjukkan perolehant_hitung = 5,1203 > t_tabel = 1,671 dengan dk = 82-1 = 81 dan taraf signifikansi 5% diperoleh sehingga hipotesis H_a diterima dan H_(0 )ditolak. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari nilai KKM 70, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar melalui kolaborasi strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) dengan Team Quiz pada materi pelajaran IPA Terpadu (Biologi) materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun 2013-2014.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; PQ4R; Team quiz; Hasil belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 577 General nature of life
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Apr 2015 08:02
Last Modified: 07 Apr 2015 08:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item